Kamis, 10 April 2014 - 0 komentar

TUGU MAC ARTHUR SITUS PENINGGALAN PD II


Tugu Jenderal Mac Arthur di Sentani, Jayapura


Tugu Mac Arthur merupakan tugu bersejarah yang terletak di puncak Ifar Gunung dalam lingkungan Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII/Cenderawasih Sentani. Tugu yang berdiri sejak Perang Dunia II ini didirikan oleh pasukan sekutu Amerika yang pada saat itu dipimpin oleh Jendral Mac Arthur. Tugu ini kini dikelola oleh Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi Papua dan menjadi salah satu situs yang dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.

Tugu Mac Arthur didirikan dengan tujuan sebagai suatu pembuktian bahwa tentara sekutu telah mendarat di New Guinea (sekarang Papua) dan menguasai Hollandia (sekarang Jayapura). Di dekat Tugu tersebut terdapat sebuah museum kecil atau ruang informasi yang menyediakan berbagai informasi tentang Tugu Mac Arthur ini, termasuk foto-foto pendaratan sekutu di New Guinea.

Ruang Informasi ini buka pada jam-jam tertentu saja, yaitu pukul 14.00 – 18.00 WIT pada hari Senin sampai dengan hari Jumat dan pukul 10.00 – 18.00 WIT pada hari Sabtu dan Minggu.  Adapun tarif masuknya, untuk mobil  Rp. 20.000,-* dan motor Rp. 5.000,-*, namun boleh juga memberi lebih sebagai sedekah untuk Bapak Hans seorang  pegawai Pemerintahan Provinsi Papua yang juga ditugaskan untuk menjaga dan merawat Situs Tugu Mac Arthur tersebut. penjaga Tugu tersebut berkata “kami disini bekerja dengan ikhlas dan tidak diberi biaya tambahan oleh Pemerintah Provinsi Papua”.

Selain sejarah tentang Perang Dunia ke II, tempat ini pula menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Bagaimana tidak, Tugu ini berhadapan langsung dengan Ibu Kota Kabupaten Jayapura yaitu Sentani. Dari Tugu ini kita dapat melihat keindahan Danau Sentani, landasan pacu Bandara Sentani serta Kota Sentani dari puncak bukit. Dan jika anda berkunjung pada sore hari, ada satu hal lagi yang membuat anda ingin berlama-lama di tempat ini yaitu proses tenggelamnya matahari.

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, anda harus membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil dengan tarif Rp. 400.000,-* sampai Rp. 500.000,-* sampai saat ini belum ada akses transportasi umum yang menuju tempat tersebut. Dan jika anda baru pertama kali menginjakkan kaki di Jayapura, saya sarankan agar menyertakan sopir mobil rental tersebut.

Jarak Tugu Mac Arthur ini dari Kota Jayapura sekitar 45 Km dan ditempuh selama 60 menit perjalanan. Sebelum persimpangan Bandara Sentani anda akan menemui pertigaan dan Penunjuk Arah Jalan bertuliskan “Rindam XVII/Cenderawasih” di sebelah kiri jalan yang menunjuk ke sebelah kanan. Ikuti terus jalan menanjak tersebut hingga sampai Pos Proovost Rindam XVII/Cenderawasih. Berhentilah sejenak untuk melapor dan meninggalkan KTP anda dengan keadaan kaca mobil dibuka sama halnya jika anda menggunakan motor. Bagi anda yang datang dari arah Sentani, setelah Pom Bensin Sentani belok kiri pada pertigaan yang terdapat Penunjuk Arahnya tersebut.

Saran saya, bawalah makanan ringan dan minuman secukupnya karena tidak adanya orang berjualan di tempat itu. Tapi ingat satu hal, “Jangan Buang Sampah Sembarangan” karena bisa-bisa dimarahi oleh Bapak Hans.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar