Kamis, 10 April 2014 - 0 komentar

MONUMEN TUGU PEPERA



Monumen PEPERA, Jayapura 


kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai Tugu Pepera, yang merupakan salah satu saksi sejarah kembalinya Irian Barat kepada pangkuan Ibu Pertiwi. Berbagai macam cara yang dilakukan oleh pemerintahan kolonial Belanda pada masa penjajahan untuk tidak menyerahkan Irian Barat ke pangkuan Indonesia, telah kandas dan ditandai dengan berdiri dan diabadikannya Tugu Pepera tersebut. Monumen tersebut kini berperan sebagai tonggak sejarah dan bukti nyata bahwa Irian Barat (Papua) adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Tugu Pepera merupakan simbol dari suatu kegiatan yang pernah dilaksanakan pada tahun 1969 di Papua, yakni Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera). Kegiatan Pepera tersebut diikuti oleh rakyat Irian Barat, yang diselenggarakan sebagai suatu bentuk demokrasi penentuan nasib Irian Barat, sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat Papua sendiri. Pepera dilaksanakan mulai dari bulan Maret hingga Agustus 1969. Kegiatan tersebut didukung dan disaksikan secara langsung oleh utusan-utusan yang didatangkan dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), Australia dan Belanda. Kegiatan Pepera tersebut telah menghasilkan suatu keputusan yang membanggakan, karena ternyata rakyat Papua memilih untuk tetap berada dalam pangkuan Indonesia. Hasil tersebut kemudian langsung dibawa ke sidang umum PBB, sehingga pada tanggal 19 November 1969 secara resmi dan diakui oleh dunia bahwa Irian Barat (Papua) adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Monumen Tugu Pepera terletak di Jl. DR. Sam Ratulangi sekitar 500 meter dari pusat Kota Jayapura, tepatnya berada di depan Mal Jayapura dan berhadapan dengan GOR Jayapura. Beberapa alternatif kendaraan umum yang dapat dipilih untuk mengunjungi monumen tersebut, bisa menggunakan angkutan kota yang biasa disebut disebut taksi  dan juga bisa menggunakan Ojek.
Papan Monumen Tugu PEPERA Jayapura
terdapat ornamen 10 tameng papua
terdapat lukisan peta Indonesia dari Sabang-Merauke

Jika anda baru saja tiba di Jayapura menggunakan pesawat, tentunya anda akan tiba di Bandara Sentani. Jarak Monumen dari bandara adalah sekitar 45 Km atau jarak yang memerlukan waktu perjalanan normal sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Adapun transportasi yang dapat anda gunakan dari Bandara  untuk menuju Monumen tersebut adalah Taksi Bandara dengan tarif Rp. 200.000,-* dan Bus Damri dengan tarif Rp. 50.000,-. Setelah sampai di Kota Jayapura anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan kota yang berwarna putih dengan tarif Rp. 2.500,-* atau dengan menggunakan jasa ojek dengan tarif sekitar Rp. 10.000,-*. Katakan saja tujuan anda pada supir ke Monumen Tugu Pepera atau bisa dengan menyebutkan Mal Jayapura dan GOR Jayapura untuk mempermudah.

Sahabat, demikian sedikit informasi yang dapat kami berikan tentang Monumen Tugu Pepera yang terdapat di Kota Jayapura, semoga dapat bermanfaat dan silahkan berkunjung ke sana ya :D

0 komentar:

Posting Komentar