Kamis, 16 Januari 2014 - 0 komentar

MENGATASI VIRUS SHORTCUT DENGAN COMMAND PROMPT

Penampakan Virus Shortcut yang sudah menginfeksi komputer
Suatu ketika saat penulis mengikuti penataran , kebetulan senior yang duduk tepat disebelah kanan penulis menemui kendala saat membuka file yang berada diflashdisk-nya. File paparan yang baru saja ia ambil  dari operator tidak dapat di buka dan besar file-nyapun mencurigakan yaitu hanya 1 Kb(KiloByte) saja. Bukan hanya masalah tersebut, seluruh isi flashdisk yang berupa folder pun berubah menjadi shortcut.
Dengan wajah terlihat panik dan bingung, Senior pun menanyakan hal tersebut kepada penulis mengapa itu terjadi dan bagaimana solusinya. Mungkin dikarenakan kebetulan penulis mengetahui cara memperbaikinya lebih dahulu dari senior tersebut, maka penulispun men-sharing-nya dengan senior tersebut.
Masalah tersebut terjadi karena ada suatu program yang masuk secara otomatis dari suatu perangkat penyimpan data ke tempat penyimpanan data lainnya melalui aplikasi pembuka device otomatis dari komputer. Program tersebut merubah tipe data asli dan menyembunyikannya. Data berubah menjadi shortcut yang apabila dipilih tidak ada data di dalamnya.
Ada cara sederhana tanpa menggunakan software anti virus yang kebetulan mungkin para pembaca yang belum ketahui, yaitu yang sekarang ini penulis ingin bagikan. Cara yang penulis maksud adalah menghapus virus shortcut pada flashdisk / tempat data portable lainnya dengan Command Prompt (CMD). Untuk lebih jelasnya mari kita ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Buka Start, kemudian klik Acessoris, kemudian klik cmd (Command Prompt).
Command Prompt
Tampilan Command Prompt

2. Pilih drive mana yang akan dihilangkan virusnya dengan cara melihat di windows explorer. Contoh : misal drive flashdisk F, maka kita ketik “F” tanpa tanda kutip.
pilih drive flashdisk F
Drive F (Flashdisk) Pada Tampilan Windows Explorer

drive F
Masuk Ke Drive F Pada CMD

3. Kemudian ketik “dir” tanpa tanda petik untuk menampilkan isi dari direktori flashdisk tersebut.
Ketik dir
Tampilan Setelah Diketik dir dan di Enter

4. Kemudian eksekusi file shortcutnya dengan cara ketik : “attrib -s -h -r /s /d” tanpa tanda petik kemudian enter.
eksekusi file shortcutnya dengan cara ketik  attrib -s -h -r s d
Tampilan Eksekusi File Shortcut dengan cara ketik attrib -s -h -r s d

5. Tunggu hingga nama direktori muncul kembali, lalu tutup Command Prompt.
Tunggu hingga nama direktori muncul kembali
Tampilan Proses Menunggu Hingga Nama Direktori Muncul Kembali

6. Masuk kembali ke direktori flashdisk di windows eksplorer, sekarang dapat kita lihat file dengan nama sama namun berbeda besar datanya. File dengan besar data 1 Kb yang kita hapus tadi, itu merupakan file palsu yang dibuat oleh virus shortcut.
virus shortcut pada flashdisk telah hilang karena telah di eksekusi. Demikian para pembaca budiman Sharing Ilmu kali ini. (hro/cend)

0 komentar:

Posting Komentar