Kamis, 16 Januari 2014 - 0 komentar

BERHATI-HATI DAN WASPADA TERHADAP PERANGKAT KEYLOGGER

Keylogger yang terpasang di CPU
Salam hangat sahabat setia sharring Ilmu, kali ini penulis ingin sekali membagi sedikit pengetahuan yang mungkin hanya karena penulis mengetahui lebih dahulu dari para sahabat. Penulis pikir ini cukup penting untuk para sahabat ketahui. Bagi para sahabat yang sering ke Warnet, coba kalian periksa di belakang PC, apabila ada alat seperti gambar di bawah ini, Saya sarankan jangan Online di Warnet tsb !!!
Karena perbuatan itu memang sengaja dipasang oleh pihak Warnet, dengan tujuan untuk merekam/mengkopi data-data kalian yang ada diantaranya, password e-mail, facebook, internet banking atau data-data penting lainnya. Alat ini disebut HARDWARE KEYLOGGER.
Keylogger atau Perekam ketikan merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras maupun perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol papan ketik. Sebuah perekam ketikan, biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol papan ketik tersebut ke dalam sebuah berkas catatan (log file).
Beberapa perekam ketikan tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke alamat email tertentu secara berkala.
Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password.
Keylogger yang berupa hardware (perangkat keras) besarnya seukuran baterai ukuran AA. Keylogger jenis ini dipasangkan pada ujung keyboard, sehingga mencegat data yang dialirkan dari keyboard ke Central Processing Unit (CPU). Sementara itu, keylogger dalam bentuk software (perangkat lunak) terpasang di dalam komputer dan bekerja secara tersembunyi.
Perbedaan diantara keduanya yaitu apabila software logger harus diload saat startup windows (mulai menjalankan komputer bersistem operasi Windows) sedangkanhardware key logger akan terus merekam aktifitas keyboard selama aliran listrik yang masuk pada keyboard. Inilah bahayanya, apabila kita tidak cermat untuk memeriksa komputer yang kita gunakan, maka segala aktifitas penggunaan keyboard kita akan terekam lengkap oleh Keylogger tersebut.
Apabila para sahabat menemukan perangkat tersebut di sebuah PC, saran paling baik ialah ambil alat itu dan amankan. Karena bisa jadi data penting kita sudah tercatat di dalam keylogger tersebut.(hro/cend).

Keylogger dengan konektor PS2

Keylogger dengan konektor USB

Keylogger berwarna putih

0 komentar:

Posting Komentar